nnn (924) - Copy (FILEminimizer)Menurut hasil penelitian , bahwa produktivitas ternak domba, terutama pertumbuhan dan kemampuan produksinya dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. pengaruh faktor lingkungan antara lain terdiri dari pakan, pemeliharaan , kesehatan, dan iklim. diantara faktor tersebut pakan memiliki pengaruh paling besar. besarnya pengaruh pakan ini menunjukkan bahwa produktivitas domba yang tinggi tidak bisa tercapai tanpa pemberian pakan yang memenuhi standart dan kualitas dari kebutuhan ternak kambing itu sendiri.

beternak kambing atau pun domba haruslah termanage dengan baik, secara pemeliharaan , perawatan sampai pakan dari ternak kambing tersebut haruslah diperhatikan. pakan yang dikonsumsi ternak itu sendiri dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan perawatan tubuh, yakni mempertahankan suhu tubuh , kerna tubuh yang normal(jantung dan saluran pernafasan), bergerak dan memperbaiki jaringan sel yang telah rusak.selain itu pakan yang memenuhi kebutuhan ternak dapat mempercepat pertumbuhan , penggemukan, produksi susu, reproduksi dan aktivitas ternak itu sendiri.

pakan yang baik dan memenuhi kebutuhan ternak pada umumnya terdiri dari dua jenis yaitu pakan berserat dan konsentrat. pakan berserat adalah bahan pakan yang mempunyai kadar serat tinggi sedangkan pakan konsentrat memiliki kadar protein yang cukup besar. bahan pakan yang termasuk dalam kelompok pakan berserat adalah tumbuhan hijau serta limbah pertanian dan perkebunan . adapun bahan pakan konsentrat terdiri dari biji bijian , umbi umbian dan bahan pakan asal hewani seperti bubuk tulang ikan serta limbah dari industri pertanian seperti bungkil kelapa, bungkil kedelai daan ampas tahu. untuk melengkapai kebutuhan ternak biasanya diberi tambahan vitamin, mineral , antibiotik, hormon, enzim dan lainnya. dalam memilih bahan pakan ternak perlu diperhatikan nilai nutrisi dari bahan pakan tersebut, kecernaan bahan pakan. zat antinutrisi dalam bahan pakan tersebut, ketersediannya dalam memproleh dan yang terpenting harga pakan tersebut relatif murah untuk menekan angka biaya dari pakan tersebut.

Formula untuk pakan kambing buatan :

kulit singkong kering  30%

dedak padi                    20%

kangkung kering          15 %

kopra                             10%

slamper jagung             10%

jagung giling                   8 %

konsentrat                    4 %

starbio                             0.5 %

tetes                                1%

urea                                 1%

garam                              0.5%

 

Seluruh bahan-bahan diatas dicampur menjadi 1 dan diberikan kepada ternak setelah diberi pakan berserat.

adapun cara pembuatan pakan komplit adalah sebagai berikut

Sumber : Mitra Tani Farm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s